Kitab  Media Daring “Detikcom: Legenda Media Online”

Judul: Detikcom Legenda Media Online
Penulis: A Sapto Anggoro.

Penerbit: Mocomedia, Yogyakarta.

 

Buku ini saya dapatkan dari mas Sapto sendiri ketika menghadiri workshop jurnalisme warga yang diadakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Festival Media 2013 tersebut dihelat di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosumantri (PKKH) UGM mengangkat tema independensi jurnalis.  Mas Sapto sendiri adalah orang dibalik layar portal berita dalam jaringan (daring), detik.com. Detik menjadi pembuka jalan buat media daring lainnya. Saat ini sepeninggal dari detik, mas Sapto menjabat sebagai COO portal berita merdeka.com.

Benar seperti yang dibilang penulisnya, buku ini merupakan kitab buat bikin media online saat ini. Dalam artian, untuk membuat startup media daring, kita bisa belajar dari pengalaman & nilai yang ditulis disini. Terdapat rentetan pengalaman dan cerita yang menarik buat pembaca menyelami sepak terjang detik.com.


Namun seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan pembaca media, ke depannya startup media belum tentu bisa berpaku pada apa yang dibagikan dalam buku ini. Dalam jangka panjang media online akan terus bermetamorfosis sembari tetap mengenali selera (kepuasan) konsumen berita. Beberapa hal menarik dalam buku ini:


#1. A-Z gaya detik.com diulas disini.
#2. Perjalanan awal detik.com hingga bisa sampai berbicara di belantika pers indonesia dibahas dengan cukup rinci.
#3. Detik itu cepat, nggak asal jeplak.
#4. Ada cerita dibalik layar “Detik” menjadi trendsetter breaking news di indonesia.
#5. Cocok buat kamu yang ingin ngerti dunia pers daring, calon wartawan, dan pengamat pers. Ini buku yang harus kamu baca. 

Advertisements